Kevin


Kode Javascript dapa ditulis di berbagai macam teks editor. Namun  supaya lebih mudah kita menggunakan teks editor notepad saja. Kode javascript yang akan kita buat sekarang adalah kode javascript tingkat dasar yang terdiri dari pendifinisian variabel dan fungsi document.write(). Pendifinisan variabel ini akan menjadi sangat berguna apabila kita ingin membuat gadget javascript.
Notepad


Sebelum memulai, hal yang perlu anda siapkan terlebih dahulu adalah teks editor notepad, kedua buatlah folder baru di documents dan beri nama folder itu dengan nama "Javascript". Folder tersebut akan kita gunakan sebagai tempat untuk menyimpan file-file kode javascript yang akan kita buat.

Untuk membuat folder Javascript anda cukup membuka documents pada komputer anda, lalu klik kanan pilih add folder dan beri nama Javascript.

Sekarang buka notepad anda, lalu salinlah kode javascript berikut ini :
<script>
var i = 1 ;// pendefinisian variabel
var judul="Belajar Javascript" ;
        document.write(i + ". &nbsp");
        document.write(judul); // menampilkan variable
</script>
Perhatikan kode javascript di atas diawali dengan tanda <script>, begitu juga dengan kode javascript lainnya.  Tanda <script> menandai kode program yang dijalankan menggunakan bahasa script. Kelak browser yang menjalankan kode program ini dapat mengambil pilihan yang tepat dalam menjalankan kode program sesuai dengan jenis kode program tersebut. Sesudah kode javascript selesai ditulis, kode javascript ditutup dengan tanda </script>. Pada baris kedua dan ketiga terdapat pendefinisian variable atau var. Variabel yang berisi angka tidak perlu diberi tanda petik. Sementara variable yang berbentuk data string harus diberi tanda petik ganda. Pada baris ketiga terdapat fungsi document.write(). Fungsi document.write() digunakan untuk menampilkan hasil penjalanan kode javascript dalam bentuk teks yang dapat dilihat.


Javascript
Sekarang coba salin kode javascript di atas pada notepad lalu simpan dengan nama variable.html jangan lupa simpan pada folder Javascript yang tadi telah anda buat. Untuk melihat hasilnya, anda tinggal klik file variable.html tersebut. Setelah anda klik, anda akan dibawa ke salah satu halaman di browser anda dan anda akan menemukan tulisan sebagai berikut : 1.  Belajar Javascript

Selamat mencoba !!!


0 Responses

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...