Kevin

Kali ini kita akan belajar membuat kode javascript dengan menggunakan fungsi "for". Fungsi "for" ini akan kita gunakan pula pada pembelajaran berikutnya, oleh karena itu sebelum anda melanjutkan ke pembelajaran berikutnya saya harap anda sudah paham dan bisa membuat kode javascript sendiri dgn menggunakan fungsi "for".


 Perkenalan Fungsi for()

"For" berasal dari bahasa Inggris, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya untuk. Fungsi "for" digunakan untuk menentukan berapa jumlah awal penjalanan kode javascript dan berapa jumlah hasil akhir setelah kode javascript dijalankan.

Rumus : for(awal; kondisi; penambahan atau pengurangan)

Sekarang mari kita mencoba membuat kode javascript menggunakan fungsi "for" ikutilah langkah-langkah berikut :

Latihan Menggunakan Fungsi for()


1. Pertama, buka notepad pada komputer anda.
2. Salin kode javascript berikut di notepad :
<script> // memulai kode javascript
for (i=1; i<=10; i++) { // penggunaan fungsi "for"
      document.write(i); // menampilkan variabel
}
</script>
3. Simpan kode tersebut di folder Javascript dengan file name : for.html

Selesai..... Untuk melihat hasilnya anda tinggal click file "for.html" yang telah anda simpan di folder Javascript tadi. Lakukkan juga hal yang sama pada pembelajaran berikutnya saat anda ingin melihat hasil kode javascript yang anda buat. Untuk melihat hasil percobaan fungsi for() di web, kunjungi link berikut

Hasil pengulangan fungsi for : 12345678910

Keterangan

i =  variabel
i<=10 = kondisi atau syarat
i++ = i ditambahkan dengan angka satu setiap syarat terpenuhi

Penjelasan 

Pada kode javascript di atas diasumsikan variabel i mempunyai nilai 1 (ditandai dengan tulisan i=1). Nilai variabel tersebut harus kurang atau sama dengan sepuluh (i<=10), jadi sama saja nilai variabel harus kurang dari angka 11. Selama nilai variabel kurang dari angka 11, variabel akan ditambahkan dengan angka satu (i++) sampai terdapat variabel terakhir yang jumlah nilainya kurang dari angka 11.


0 Responses

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...