Kevin
Kali ini kita akan menciptakan gadget menggunakan kode javascript lagi, kalau pada materi lalu kita belajar membuat pesan melayang (window pop up message) sekarang kita akan belajar membuat pesan peringatan. Pesan peringatan adalah pesan berupa pertanyaan dengan jawaban antara ya atau tidak. Biasanya pesan peringatan ini digunakan oleh website yang berisi konten dewasa, tapi juga bisa digunakan oleh website lain dengan alasan yang lain. Untuk melihat seperti apa itu pesan peringatan, klik link ini


Cara Membuat Pesan Peringatan :

1. Buka notepad anda
2. Salin kode javascript berikut :


<script>

var a = confirm("Untuk melanjutkan ke materi ini
anda harus sudah paham materi sebelumnya,
apakah anda yakin tetap ingin melajutkan?") 

</script>
3. Simpan dengan nama confirm.html

Untuk meletakkan kode javascript di atas pada blog anda hanya perlu menyalin kode javascript tersebut pada gadget text/javascript yang terdapat pada halaman design. Pesan peringatan di atas anda bisa anda modifikasi dengan menambahkan kode javascript dengan fungsi if menjadi seperti berikut :
<script>

var a = confirm("Untuk melanjutkan ke materi ini
anda harus sudah paham materi sebelumnya,
apakah anda yakin tetap ingin melajutkan?")

if (a)
        alert("Selamat melanjutkan!")

else
        alert("Terima kasih!")

</script>

Penjelasan


Contoh Bentuk Pesan Peringatan

confirm() yaitu fungsi untuk memunculkan window konfirmasi atau pertanyaan dengan alternatif pilihan OK atau Cancel. Sama seperti jenis fungsi yang lainnnya, fungsi ini bisa digabung dengan fungsi untuk membentuk kode javascript yang lebih kompleks.

Fungsi if() di atas digunakan untuk membuat pilihan dengan konsekunsi yang berbeda. Apabila pengunjung memilih pilihan OK pada window konfirmasi maka konsekuensinya yaitu window akan memunculkan pesan melayang yang berbunyi Selamat melanjutkan! Sebaliknya jika pengunjung memilih cancel maka window akan memunculkan pesan melayang yang berbunyi Terima kasih!


3 Responses
  1. Unknown Says:

    gan gimana cara menggabungkan java script pada proses login dalam php, misalkan pesan peringatan pada saat salah login..


  2. Kevin Says:

    tergantug kode php nya seperti apa dulu nie? Prinsipnya agan tinggal mbuat 2 macam action, kalau berhasil login, maka pengunjung akan dibawa ke halaman home, kalau gagal akan ditampilkan pesan peringatan. Untuk menyisipkan kode javascriptnya di dalam php, agan tutup dulu kode php pakai tag ?> baru dilanjutkan dengan kode javascript di atas. Akan lebih mudah ane jelaskan kalau agan punya script login nya.


  3. Unknown Says:

    php coekk

    Software Login @WifiId Login Database terbaru Fitur Random Login Acak + Akun FlexyZone November + Tutorial mendapatkan username dan pass dari Telkom Speedy
    http://helmykkediricomp.blogspot.com
    Terimakasih


Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...