Kevin
Sekarang kita akan belajar tipe data array. Pada kali ini kita akan mengikutsertakan fungsi for() (fungsi ini sudah dijelaskan pada bab 5 javascript). Pada kali ini juga kita akan mengenal variabel dan data string. Apa itu variable ? Penjelasannya sama seperti variable dalam javascript. Hanya saja variabel dalam PHP di awali dengan tanda $. Variable hanya diperkenankan penggunaan huruf abjad dan underscore (_), penggunaan spasi sebagai tanda pemisah tidak diperbolehkan disini. Sementara itu penggunaan data string selalu ditandai dengan tanda kutip baik petik tunggal (')maupun petik ganda ("). 


Perhatikan kode berikut :

<?
$bahasa_pemrograman[ ] = "HTML" // data string diberi tanda kutip
$bahasa_pemrograman[ ] = "PHP"
$bahasa_pemrograman[ ] = "Javascript"
$database["satu"] = MySql

for($a=0;$a<3;$a++) {
        echo"Bahasa pemrograman \$bahasa_pemrograman[$a] adalah $bahasa_pemrograman[$a]<br>";
}
echo "database \$database[satu] adalah database[satu]<br>";
?>

Hasilnya :
Bahasa Pemrograman $bahasa_pemrograman[0] adalah HTML
Bahasa Pemrograman $bahasa_pemrograman[1] adalah PHP
Bahasa Pemrograman $bahasa_pemrograman[2] adalah Javascript
database $database[satu] adalah MySql

Sekarang mari kita bandingkan fungsi for pada PHP dengan fungsi for (lihat http://goldchariot.blogspot.com/2012/05/belajar-kode-javascript-1.html) pada Javascript. Pada javascript variable di beri simbol huruf secara langsung, tapi dalam bahasa PHP variable diberi tanda $ di depan simbol hurufnya.

Apabila diteliti lebih lanjut kode program PHP di atas hampir sama fungsi nya dengan kode program Javascript yang menggunak fungsi while() di halaman berikut http://goldchariot.blogspot.com/2012/05/bab-6-peggunaan-fungsi-while.html


0 Responses

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...